Jumat, 13 Maret 2015

Kajian Shubuh : Bab. 335 sampai Bab 339 Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi

Hari  : Jum'at, 13 Maret 2015/22 Jumadil Awwal 1436 H
Oleh : Ustadz Endang Iskandar, S.Pd. I
Dari Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi





Bab. 335 Haramnya Seseorang Isteri Menolak Untuk Diajak Ke Tempat Tidur Suaminya, Jikalau Suami Itu Mengajaknya, Sedangkan Isterinya Itu Tidak Mempunyai Uzur Yang Dibenarkan Oleh Syara'


Dari Abu Hurairah r.a., katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: "Jikalau seseorang lelaki mengajak isterinya ketempat tidurnya, lalu isterinya itu menolak, kemudian suami itu bermalam dalam keadaan marah, maka isterinya itu dilaknat oleh para malaikat sehingga waktu paginya." (Muttafaq 'alaih) Dalam riwayat lain disebutkan: "Sampai isterinya itu kembali -suka mengikuti kemauan suaminya."

Bab. 336 Haramnya Seorang Isteri Mengerjakan Puasa Sunnah Di Waktu Suaminya Ada Di Rumah, Melainkan Dengan Izin Suaminya Itu


Dari Abu Hurairah r.a. bahwsanya Rasulullah s.a.w. bersabda: "Tidak halallah bagi seseorang isteri kalau ia berpuasa, sedang-kan suaminya menyaksikan-yakni ada di rumah - melainkan dengan izin suaminya tersebut. Juga tidaklah dianggap sudah mendapat izin kalau ia dalam rumah suaminya itu, kecuali izin suaminya sendiri." (Muttafaq 'alaih)

Bab. 337 Haramnya Makmum Mengangkat Kepala Dari Ruku' Atau Sujud Sebelumnya Imam


Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi s.a.w. bersabda: "Adakah seseorang di antara kamu itu tidak takut apabila ia mengangkat kepalanya sebelum imam, lalu Allah akan mengganti kepalanya menjadi bentuk kepala keledai atau bentuknya sama sekali dijadikan oleh Allah dalam bentuk keledai." (Muttafaq 'alaih)

Bab. 338  Makruhnya Meletakkan Tangan Di Atas Khashirah — Yakni Rusuk Sebelah Atas Pangkal Paha — Ketika Shalat

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. melarang meletakkan khashr dalam shalat - yaitu meletakkan tangan di atas rusuk sebelah atas dari pangkal paha. (Muttafaq 'alaih)

Bab. 339  Makruhnya Shalat Di Muka Makanan, Sedang Hatinya Ingin Padanya Atau Bersembahyang Dengan Menahan Dua Kotoran Yaitu Ingin Kencing Atau Berak

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: "Tidak sempurnalah shalatnya seseorang di muka makanan dan tidak sempurna pula shalatnya di waktu ia menahan dua macam kotoran" - yakni ada keinginan akan kencing atau berak dan termasuk pula ingin kentut. (Riwayat Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar