Senin, 09 Februari 2015

Kajian Shubuh : Keutamaan Saf Pertama Dan Perintah Menyempurnakan Saf-saf Yang Permulaan

Hari  : Selasa, 10 Februari 2015/20 Rabiul Akhir 1436 H
Oleh : Ustadz Nurdin
Dari Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi

Puja dan puji Syukur dipanjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan nikmat sehat sehingga kita bisa melaksanakan Shalat Shubuh berjamaah, Shalawat teriring salam dihaturkan kepada junjungan Alam Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, serta ummatnya ila yaumil kiyamah..

Pagi ini kita akan membacakan Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi pada "Bab 194 Keutamaan Saf Pertama Dan Perintah Menyempurnakan Saf-saf Yang Permulaan -Yakni jangan Berdiri Di Saf Kedua Sebelum Sempurna Saf Pertama Dan jangan Berdiri Di Saf Ketiga Sebelum Sempurna Saf Kedua Dan Seterusnya, Serta Meratakan Saf-saf Dan Merapatkannya"



Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: "Andaikata para manusia itu mengetahui betapa besarnya pahala azan dan menempati saf pertama, kemudian tidak dapat memperoleh jalan untuk itu melainkan dengan mengadakan undian, niscayalah mereka itu akan mengadakan undian." (Muttafaq 'alaih)


Dari Abu Hurairah r.a. pula katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Sebaik-baiknya saf bagi kaum lelaki ialah saf pertama-nya, sedang sejelek-jeleknya saf bagi mereka ialah saf yang peng-habisan. Adapun sebaik-baiknya saf bagi kaum wanita ialah saf penghabisan, sedang sejelek-jeleknya saf bagi mereka ialah saf pertamanya." (Riwayat Muslim)


Dari Abu Mas'ud r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. pernah mengusap bahu-bahu kita dalam shalat lalu bersabda: "Ratakanlah olehmu semua - saf-saf itu - dan jangan berselisih - seperti ada yang lebih maju atau lebih mundur, sebab hati-hatimupun akan berselisih pula. Hendaknya mendampingi saya orang-orang yang dewasa dan yang berakal cukup di antara engkau semua itu, kemudian orang-orang yang mendekati mereka - yakni yang tarafnya ada di bawah-nya, kemudian orang-orang yang mendekati mereka - yakni yang tarafnya di bawah mereka lagi." (Riwayat Muslim)




Dari Anas r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Ratakanlah saf-safmu semua itu, karena sesungguhnya merata-kan saf-saf itu termasuk tanda kesempurnaan shalat." (Muttafaq 'alaih)
Dalam riwayat Imam Bukhari disebutkan: "Karena meratakan saf-saf itu adalah termasuk tanda didirikan-nya shalat."

0 komentar:

Posting Komentar