Kamis, 23 April 2015

Untuk Generasi Muda Al-Falaah IV yang Berprestasi dan Berakhlak Mulia...

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh...

Disadari atau tidak, generasi pemuda sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam akselerasi pembangunan termasuk pula dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda merupakan aktor dalam pembangunan.
 Baik buruknya suatu Negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan Negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki akhlak mulia, kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global. Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai agen perubahan, moral force and sosial kontrol sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat.
Pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral diwujudkan dengan menumbuhkembangkan aspek etik dan moralitas dalam bertindak pada kehidupan kesehariannya, memperkuat iman dan takwa serta ketahanan mental-spiritual, dan meningkatkan kesadaran hukum. Sebagai kontrol sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggungjawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis dan kepedulian terhadap lingkungan.
Mengingat begitu pentingnya peran pemuda dan begitu beratnya peran tersebut, maka kita perlu mempersiapkan mereka sebaik mungkin, peran tersebut dapat kita bagi bersama orang tua, guru, dan lingkungan. Rumah dan orang tua sebagai Madrosatul Ula atau sekolah pertama kami, dapat berperan dengan memberikan pendidikan akhlak dirumah, memberikan uswah hasanah atau contoh terbaik, memberikan lingkungan rumah yang nyaman, aman, tenang dan ceria sehingga membuat anak-anak kita para generasi muda menjadi betah dan terpenuhi semua kebutuhan kasih sayangnya.
Sekolah sebagai lingkungan ke 2, berperan memberikan tambahan ilmu sebagai bekal keterampilan dan kecerdasan yang sangat dibutuhkan oleh para generasi muda kita menghadapi tantangan jaman. Memberikan bekal ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk menghadapi kerasnya hidup dan berkompetisi. Lingkungan sekolah yang baik akan memberikan andil dan peran yang besar dalam membentuk karakter anak.  Sekolah yang tidak terbina dengan baik, pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang kurang baik atau bahkan jelek, lulusan yang berakhlak buruk dan bermental tempe.  
Selain rumah dan sekolah, ada 1 lagi yang memberikan pengaruh besar bagi anak yaitu lingkungan. Lingkungan yang baik, yang dibangun atas dasar saling menghargai, menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan yang membentuk nilai-nilai universal seperti kejujuran, saling menghargai, saling menyayangi, saling menghormati akan membantu membentuk kepribadian generasi muda yang tangguh.  Generasi cerdas yang berakhlak mulia, generasi tangguh yang beriman yang pada akhirnya akan menjadi penerus bangsa yang handal. Ketika generasi itu tercipta maka mimpi Indonesia menjadi Negara yang Baldatun toyyibatun warobbun ghofur akan tercapai.  Dan itu menjadi tabungan akhirat para orang tua dan gurunya yang tidak akan terputus sampai kapanpun.
Kami dari DKM berusaha ikut berperan aktif dalam membentuk generasi muda Al-Falaah, sebagai tanggung jawab moral kami. Walaupun belum berjalan secara lebih rapi dan tertata tapi dampingan kepada remaja-remaja sedang berusaha kami lakukan, dengan harapan mereka dapat terkawal dengan baik dari segi perilaku dan akhlak sehingga tidak terjerumus ataupun terkontaminasi dengan pergaulan yang tidak baik. Setiap minggu kami usahakan ada pengajian remaja baik putra maupun putri, walaupun kendala utama kami adalah sedikitnya para pembimbing yang terlbat, dan kami sangat bersenang hati jika ada para orang tua di Al-Falaah IV yang mau meluangkan waktunya untuk ikut bersama membimbing mereka.
Kami juga sedang mencoba untuk mulai membimbing anak-anak kecil kita di Al-Falaah IV. Kami adakan program yaitu Dongeng Anak Al-Falaah IV setiap hari Ahad jam 13:30 WIB. Program ini sudah berjalan 2 minggu, yang pertama yaitu tanggal 12 April 2015 yang diisi dengan cerita Nabi Sulaiman As, penanaman pentingnya kebersihan dan pemutaran Film anak, yang ke dua yaitu tanggal 19 April 2015 yaitu pemutaran film anak. Agenda ini akan kami coba laksanakan secara rutin, dengan harapan memberikan cerita-cerita atau dongeng para Nabi dan para Sahabat, agar mereka tidak kehilangan panutan dan contoh, sehingga tidak perlu lagi mereka mengidolakan para tokoh kartun atau tokoh fiksi yang tidak pernah ada.  Sekaligus penanaman budi pekerti dan kebiasaan-kebiasaan baik seperti biasa bersih, biasa sopan, biasa ceria, biasa menyayangi teman, biasa saling membantu dan kebiasaan baik lainnya... Kami sangat mengharapkan bantuan para orang tua yang bisa meluangkan waktu dan dapat bercerita, mendongeng ataupun dapat membimbing dengan permainan-permainan anak, kami sangat bergembira jika dapat ikut bergabung bersama kami, karena hakekatnya anak kita butuh lingkungan yang baik agar menjadi baik, walau anak kita baik tapi jika lingkungannya tidak baik akan sangat rentan terbawa ke tidak baik... 
Akhirnya kami mohon do'a dari para orang tua warga Al-Falaah IV khususnya dan kami panjatkan do'a kehadirat Alloh SWT semoga niat baik ini direstui dan diijabah... Aamiiin ya robbal Aalamiin...
Wassalamu'alaikum warohmatullogi wabarokatuh...

0 komentar:

Posting Komentar