Senin, 16 Maret 2015

Kenclengan Masjid.... Semoga...

Masjid Ash-Shiddiq RA mulai awal Februari 2015 berusaha mengaktifkan kembali Kenclengan Masjid. Maksud kenclengan masjid adalah bentuk peran aktif dari DKM dalam memfasilitasi keinginan warga yang ingin berinfaq atau bershodaqoh, dengan kenclengan masjid ini diharapkan bagi warga yang ingin berinfaq dapat langsung mengisinya dirumah.. Ibu-ibu yang belanja sayuran jika ada kembalian receh, dari pada jalan ke masjid cukup memasukkannya ke kenclengan tersebut, dan setelah 1 bulan dari teman-teman DKM akan mengumpulkannya.

Manfaat dari kenclengan ini sangat besar, walaupun kelihatannya receh, tapi karena ini kumulatif 1 komplek dan dikumpulkannya sebulan sekali, tanpa disangka-sangka nilai yang terkumpul cukup besar. Dana kenclengan masjid yang terkumpul di bulan pertama yaitu bulan Februari 2015 senilai Rp. 1.895.400,- Jazakumulloh khoiron katsiron. Dana ini sangat membantu sekali untuk operasional masjid, dan diharapkan jika ini dapat istiqomah, maka masjid dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang lebih banyak lagi, seperti kajian-kajian lebih diintensifkan, pengajian remaja lebih ditingkatkan, pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam atau PHBI bisa lebih dihidupkan, karena walau bagaimanapun semua itu perlu dukungan biaya.

Selama ini pemasukan dana masjid hanya dari kropak Jum'at yang nilainya belum begitu besar (dapat dilihat pada laporan keuangan), dana tersebut kami gunakan untuk operasional masjid seperti listrik, transport penceramah baik untuk khutbah Jum'at, Kajian rutin Bapak-bapak, Ta'lib bulanan Ibu-ibu, Pengajian remaja jika memanggil penceramah dari luar, dan hampir tidak ada sisa dana. Dengan adanya pemasukan tambahan dari kenclengan masjid ini sangat membantu sekali untuk operasional dan kas masjid.

Untuk menghemat biaya perawatan masjid, dari DKM rutin melaksanakan kerja bakti mingguan pada hari Jum'at yaitu ba'da shalat shubuh, dengan membersihkan areal masjid baik dalam maupun teras, agar setiap pelaksanaan Shalat Jum'at kondisi masjid bersih dan segar. Sementara untuk areal masjid secara keseluruhan dari DKM melaksanakan kerja bakti rutin bulanan untuk seluruh areal masjid. Dengan kerja bakti rutin mingguan ini, terbukti masjid jadi terlihat lebih bersih dan terawat, walaupun untuk sampah jajanan anak-anak kadang masih ada saya anak-anak yang membuang sampah sembarangan diareal masjid.  Semoga dengan keistiqomahan dari pengurus DKM untuk menjaga dan selalu mengingatkan anak-anak kita akan pentingnya kebersihan dan dukungan dari para orang tua untuk selalu mengingatkan pada putra-putrinya, maka lambat-laun akan terbentuk karakter cinta kebersihan pada diri anak-anak kita. 

Akhirnya.... mari kita makmurkan masjid kita dengan shalat berjamaah didalamnya pada setiap waktu shalat, memakmurkannya dengan banyaknya ta'lim, kajian dan semua kegiatan keagamaan lain... sehingga masjid kita bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi semua warga... tempat untuk mencari kedamaian, mencari ilmu dan mendekat kepada-NYA... Wallahu'alam...

0 komentar:

Posting Komentar