Rabu, 03 September 2014

Esensi dan Fungsi Masjid sebagai Tempat (Selain) Ibadah

Saat ini masjid lebih menonjol pada fungsi sebagai tempat ibadah, lebih khusus tempat shalat. Masih sangat sedikit fungsi peran sosial masjid pada masyarakat. Masjid bisa menjadi sumber kemakmuran masyarakat. Dan hal tersebut bisa terwujud tergantung pada pengelolanya, yaitu takmir (Addarudin, 2012)  Jika ingin mengembangkan potensi masjid, maka hal yang perlu dibentuk konsep terlebih dahulu. Dalam konsep tersebut, ditentukan arah dan tujuan sisi yang akan dikembangkan. Demi terwujudnya konsep, hendaknya menggandeng para ahli pada bidangnya. Dengan demikian maka dapat menambah fungsi dari masjid, yaitu membentuk jaringan-jaringan dalam kehidupan bermasyarakat. Sejauh ini masjid dipandang secara fisik sebagai sebuah bangunan. secara intrinsik, masjid memiliki potensi yang luar biasa dari sosial kemasyarakatan.

 
Peran masjid dalam kegiatan sosial tersebut akan lebih mantap, apabila kepengurusannya (takmir) lebih terkonsep. Maka masjid bisa dijadikan sebagai Inisiator, dalam keadaan keadaan darurat dia tidak panik.  Masjid bisa menjadi sumber tempat mencari ilmu, relasi, maupun kesejahteraan. Perlu diluruskan paradigma yang berkembang di kalangan takmir masjid, bahwa masjid merupakan tempat ibadah semata. Masih banyak potensi yang tak habis digali dari masjid untuk kesejahteraan umat. 
Masjid adalah tempat beribadah bagi umat muslim, karena itu pandangan menyatakan bahwa masjid hanyalah tempat melaksanakan salat, ataupun pengajian, hal itu memang itu tujuan dari masjid. Namun apabila melihat secara luas, esensi keberadaan masjid pasti akan banyak tergali fungsi yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam melakukan amal kebaikan.Takmir masjid merupakan panutan bahkan bisa sebagai teladan bagi masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar